Padusi Sang Pencari Budaya Asli

0
Posted May 15, 2013 by acaraevent in News
Onic Metheany
10 May 2013 20:05:24
Jakarta, Aktual.co — Setelah sukses dengan pertunjukan drama Malin Kundang, Djarum Apresiasi Budaya mendukung pementasan yang masih berasal dari Ranah Minang, yaitu, pertunjukan drama tari karya Tom Ibnur, maestro tari dan juga guru besar dari ISI Padang Panjang, yang berjudul “Padusi”.

“Padusi” menceritakan tentang sosok perempuan urban Jakarta bernama Padusi. Di usianya yang matang ia ingin merasakan kebebasannya untuk hidup dan memahami akar budaya aslinya. Setelah bercerai dari suaminya, tanpa dikaruniai anak, Padusi merasa bahwa ini saat yang tepat baginya untuk menjelajahi tanah kelahiran nenek moyangnya. Apalagi, selama hampir sepuluh tahun terakhir, ia ternyata belum bisa merasakan ‘inner happiness’. Hidup ia jalani berdasarkan keinginan orangtua dan mantan suaminya semata.

Terdapat tiga cerita budaya yang memberi inspirasi untuk Padusi saat ia pulang ke tanah leluhurnya. Cerita pertama adalah seorang bidadari bernama Puti Bungsu yang terpaksa menjadi manusia biasa dan menikah di bumi. Dilanjutkan dengan kisah kedua, Siti Jamilan, cerminan seorang perempuan yang kecewa kepada suaminya yang telah menikah lagi dengan wanita lain, sehingga ia memutuskan untuk membunuh anak dan dirinya sendiri.

Kisah terakhir yang diangkat yaitu tentang seorang perempuan bernama Sabai nan Aluih yang menuntut keadilan karena akan dipersunting secara paksa dengan seorang datu tua bangka, Rajo nan Panjang.

Drama yang dibalut dengan tarian ini  disutradarai oleh Rama Soeprapto, dan ditulis naskahnya oleh Nia Dinata dan dilakoni oleh Sha Ine Febriyanti sebagai Puti Bungsu Siti Jamilan Sabai Nan Aluih,

Jajang C. Noer sebagai Mandeh Rubiah, Niniek L. Karim sebagai Ibunda Sabai, Arswendy Nasution sebagai Rajo Nan Panjang, Rian Viranico sebagai Malin Deman, Andi Jagger sebagai Lareh Simawang

Dan Marissa Anita sebagai Padusi serta didukung oleh para penari yang semakin membuat pertunjukan ini semakin meriah. Jika penasaran dengan kisah Padusi, Anda dapat menyaksikannya pada tanggal 11-12 Mei 2013 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Tri Wibowo –
Sumber: http://www.aktual.co/urbanitas/192112padusi-sang-pencari-budaya-asli

About the Author

acaraevent


0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response

(required)