Elly Kasim

0
Posted April 29, 2013 by acaraevent in Cast

Siapa yang tidak kenal dengan Elly Kasim, penyanyi asal Sumatera Barat yang melantunkan lagu Minang dengan suara khas dan merdu seperti Bapisah Bukannyo Bacarai, Kasiah Tak Sampai, dan masih banyak lagu lainnya. Bahkan lagu Ayam Den Lapeh menjadi populer kembali setelah ia nyanyikan pada tahun 1976. Hingga saat ini Elly Kasim telah merilis sebanyak 104 buah album solo, sebuah angka fantastis untuk jumlah album penyanyi solo.

Perempuan yang lahir di Tanjung Mutiara, Agam, Sumatera Barat pada 27 September 1944 ini merupakan seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia berdarah Minang yang sering membawakan lagu-lagu Minang. Elly Kasim juga dikenal sebagai legenda musisi dari Ranah Minang.

Kecintaannya dalam dunia tarik suara mulai ia tekuni sejak remaja, titik awal kesuksesan Elly yaitu ketika pada usia 15 tahun ia mendapatkan penghargaan Bintang Remaja dalam sebuah festival menyanyi di Kota Pekanbaru. Menginjak dewasa, Elly mencoba mengadu peruntungan di Ibukota. Tahun 1961 ia memantapkan karir menjadi penyanyi setelah ia mendapat tawaran rekaman untuk acara Tunas Mekar RRI.

Elly adalah icon penyanyi Minang, hingga pada bulan Maret 2013 kemarin ia mengemban tugas untuk menyanyi bersama salah satu diva Indonesia, Rossa di negara tetangga, Malaysia. Dalam acara tersebut, ia disandingkan dengan Siti Nurhaliza, seorang penyanyi Melayu kebanggan Malaysia.

Selain dunia tarik suara, Elly juga merambah dunia seni tari. Ia adalah pimpinan dari sanggar tari bernama Sangrina Bunda yang sejak 1976 sampai 2009 telah berkeliling dunia mewakili Indonesia untuk pementasan-pementasan di luar negeri. Tercatat, grup tari ini sudah singgah ke sebagian besar Negara di Eropa, Amerika Selatan, Afrika, Timur Tengah, Korea, Jepang, Australia dan beberapa negara lainnya. Dalam dunia bisnis, ia juga tengah sibuk mengurusi wedding organizer spesialisasi Melayu dan Tapanuli, dengan label Elly Kasim Collection.


About the Author

acaraevent


0 Comments



Be the first to comment!


Leave a Response

(required)